Universitas Indonesia (UI) Milik Depok Atau Jakarta, Sih?

Sobat karib pembaca yang masih belum mengetahui lokasi kampus Universitas Indonesia (UI) kampus baru, tentu masih menyimpan tanya. Di mana sebenarnya letak UI kampus baru itu, di Jakarta atau Depok? Dengan catatan, tidaklah menjadi soal kampus UI lama yang di Salemba karena letaknya jelas-jelas di Jakarta pusat.
Universitas Indonesia

Berdasarkan artikel jurnal berjudul, Dari Depok Lama Ke Depok Baru: Berjuang Menjadi Kota, 1970an – 1990an yang ditulis Mudaryati di Jurnal Sasdaya Vol 1 No 1 tahun 2016 menyebutkan bahwa Presiden Soeharto-lah yang meresmikan kampus baru UI ini. Peresmian Kampus UI di Depok dilakukan oleh Presiden RI kedua itu pada 5 September 1987, yang ditandai dengan dengan pembubuhan tandatangan pada prasasti, bertempat di Balai Kirti.

Nah, bagi yang masih penasaran, jawabannya di sini ini. Secara fisik Kampus UI terletak di dua lahan, yaitu propinsi Jawa Barat (sekitar 250 hektar) dan propinsi DKI Jakarta (75 hektar). Karakteristik Jakarta tetap disandang oleh UI karena meskipun secara fisik UI berada di Depok, namun secara administratif UI tetap berkedudukan di Jakarta. Ditambah lagi, disebutkan pada Peraturan Pemerintah No. 68/2013 Tentang Statuta Universitas Indonesia, pada bab II pasal 5: Universitas Indonesia berkedudukan di Jakarta.

Dalam dinamika ekonomi, peran UI secara tidak langsung bagi Depok sangat besar. Perubahan sistem perekonomian yang ada di Depok dari ekonomi berbasis pertanian ke ekonomi yang berbasis non pertanian, terjadi karena keberadaan UI kampus baru ini. Perubahan itu terjadi sebagai dampak dari penyusutan lahan pertanian yang dialihfungsikan menjadi bangunan kampus ini. Namun dari segi politis, pemerintah pun tidak berupaya untuk memindahkan kedudukan UI yang secara fisik hampir 85 persen sudah pindah ke Depok.

Keberadaan kampus baru UI di Depok ini beriringan dengan laju perkembangan status Depok yang menjadi kota administratif tahun 1981, sementara di saat bersamaan pembebasan lahan untuk pembangunan kampus UI terus berjalan. Dilaporkan bahwa saat itu per meter dihargai Rp. 750,00 - Rp. 1.000,00. Lantas, Depok meningkat statusnya menjadi kotamadya pada tahun 1999 bersama dengan Kotamadya Cilegon.

Hampir pasti, lokasi UI kampus baru ini terletak di Depok seperti diuraikan di atas. Jadi sangat beralasan apabila UI lebih mempedulikan warga Depok. Problem warga Depok selayaknya dicarikan solusi oleh kampus ini, bersama kampus-kampus lain yang ada di Depok tentunya.

Melipir News

Komentar